Buka Muswil Pemuda Pancasila, Anies Sampaikan Pesan Persatuan


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berharap ribuan anggota Pemuda Pancasila di Jakarta bisa terus menjaga persatuan dan mewujudkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pesan ini disampaikan saat  membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Wilayah XIII Pemuda Pancasila DKI Jakarta yang digelar di Hotel Sultan Jakarta, Sabtu (16/7/2022).  

Anies mengatakan, Jakarta merupakan kota yang menjadi simpul persatuan. Karena itu, menurut dia, Pemuda Pancasila memiliki tanggung jawab besar untuk turut menjaga persatuan serta membumikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.   

"Harapannya ke depan Pemuda Pancasila terus aktif dalam membangun perasaan persatuan, perasaan kebersamaan, yang itu merupakan salah satu tujuan utama hadirnya Pemuda Pancasila. Jadi besar harapan kami untuk itu," ujar Anies. 

Menurut Anis, tidak banyak organisasi di republik ini yang berani mengemban nama Pancasila di pundaknya. Ketika menempatkan Pancasila sebagai nama organisasi, kata dia, maka Pemuda Pancasila memiliki tanggung jawab moril lebih dari sekedar tanggung jawab konstitusional. "Pancasila kita ini juga harus kita wujudkan dalam keseharian," ucap Anies. 

Dia pun mengucapkan selamat kepada Pemuda Pancasila DKI Jakarta yang melaksanakan Musyawarah Nasional untuk memilih pemimpin yang baru. Menurut dia, ketua yang terpilih nantinya harus bisa membuat Pemuda Pancasila DKI Jakarta semakin solid.  

"Selamat buat Pemuda Pancasila yang hari ini memulai Muswil. Kita berharap muswilnya berjalan lancar dan terima kasih atas pengabdian selama ini di masa-masa sulit kemarin ketika masa pandemi Pemuda Pancasila banyak terlibat langsung dalam memberikan bantuan sosial kepada masyarakat," kata Anies.  

Sementara itu, Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) DKI Jakarta, Thariq Mahmud, mengatakan Muswil Pemuda Pancasila DKI Jakarta dilaksanakan selama lima tahun sekali untuk memilih ketua yang baru. Selama kepemimpinannya, menurut dia, Pemuda Pancasila DKI telah banyak melakukan program-program kemasyarakatan.  

"Pemuda Pancasila DKI Jakarta selalau melakukan program-program walaupun di tengah Covid-19 kita harus membantu, dengan Pemda kita telah nelakukan vaksinasi, dan bantuan-bantuan sosial kepada masyarakat. Jadi Pemuda Pancasila selalu hadir di tengah-tengah masyarakat," jelas Thariq. 

Thariq menjelaskan, Pemuda Pancasila merupakan satu-satunya organisasi di Indonesia yang menggunakan lambang Pancasila. Karena itu, menurut dia, Pemuda Pancasila juga memiliki tanggung jawab untuk membumikan Pancasila.  

"Kita sebagai Pemuda Pancasila mempunyai tanggung jawab moril untuk membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat," ujar Thariq. 

Dia menambahkan, anggota Pemuda Pancasila di DKI Jakarta saat ini berjumlah 30 ribu orang. Menurut dia, Ketua Umum Pemuda Pancasila, Japto Soelistyo Soerjosoemarno telah berpesan kepada mereka agar selalu solid untuk menjalankan program-program kemasyarakatan. 

"Yang dipesankan oleh ketua umum adalah Pemuda Pancasila sebagai jendela Indonesia harus memberikan contoh kepada provinsi-provinsi lain bahwa Pemuda Pancasila DKI harus solid dan mampu memberikan yang terbaik," kata Thariq.     

https://www.republika.co.id/berita/rf4ogk320/buka-muswil-pemuda-pancasila-anies-sampaikan-pesan-persatuan

  • -

0 Komentar :

    Belum ada komentar.